Kamis, 31 Mei 2012

Jaga Kelestarian Hutan | Saveearthnature.blogspot.com




Semua kita tau benar fungsi hutan bagi kehidupan kita. Namun hanya sedikit dari kita yang benar - benar sadar akan pentingnya hutan, tak hanya sekedar bualan dan slogan - slogan belaka.
Indonesia sedari dulu menyimpan potensi yang amat besar, terutama hutannya. Rimba raya yang kaya akan berbagai jenis flora ini menjadi surga bagi berbagai jenis fauna di dalamnya, namun itu dulu !
Ironis bukan, saat kita berbicara tentang keindahan dan kekayaan alam Indonesia yang kita banggakan ini ternyata suatu saat nanti hanya menjadi "dongeng pengantar tidur" buat anak cucu kita nanti.
Kemana hutan yang diceritakan orang tuaku ? Kemana hutan yang menjadi kekayaan alam negeriku ?
Kemana binatang - binatang, harimau, gajah, orang utan seperti yang aku lihat di foto - foto saat ini ?
Sungguh suatu kejadian yang akan menjadi realita dikemudian hari jika kita tak menjaganya mulai dari sekarang.
Tangan - tangan tak bertanggung jawab terkadang berpikir atau bahkan terlintas barang sedetik saja tentang nasib masa depan anak cucunya. Mereka hanya berpikir bagaimana membabat dan membabat tanpa berinisiatif untuk menanam kembali. Mereka hanya tau mana kayu jati kualitas super dan mana kayu kapur kualitas nomor satu. Mereka hanya tau "saya sudah mengantongi izin dari pemerintah setempat" tanpa tau batasan - batasan mana yang harus mereka ambil dan mana yang dilindungi. Mereka hanya tau uang dan suara dengungan mesin - mesin mereka tetap terdengar sepanjang hari. Mereka hanya tau sekarang, bukan nanti !
Lalu apakah kita hanya bisa berdiam diri ? Lalu apakah kita hanya bisa mengharapkan polisi hutan yang hanya bekerja pada waktu tertentu ? So, what do you think ?
Mungkin kita tak bisa mencegah langsung dengan tangan kita, mungkin kita tak bisa secara langsung menindak tegas mereka, mungkin kita tak tau siapa mereka, tapi kita bisa berbuat dari hal yang kecil. Dari apa saja yang bisa kita perbuat semampu kita...
Mari kita jaga kelestarian hutan kita dengan tidak mengotorinya, dengan tidak menebang seenaknya, dengan tidak membakarnya, dengan tidak membunuh satwa - satwanya...
Hutanku, hutan kita semua...

Jaga kelestarian hutan, dan suarakan "Save Our Earth" demi masa depan anak cucu kita...
Mari berbagi kabar, mari berbagi pengetahuan antar sesama agar hutan tetap terjaga...
Salam lestari... | Saveearthnature.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar